SILSILAH AL-‘ALIYAH THORIQOH NAQSYABANDIYAH AL-KHOLIDIYAH

TAREKAT NAQSYABANDIYAH adalah dimensi esoteris dari Islam. Ia bersumber dari ALLAH SWT melalui MALAIKAT JIBRIL A.S yang mentalqinkan rahasia yang amat sangat halus kepada hamba-Nya yang amat suci, kekasih-Nya yang utama, yaitu: NABI MUHAMMAD SAW.

Kemudian diturunkan kepada:

  • Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq radiyallahu ta’ala anhu (r.a.). Gelar As-Shiddiq yang berarti benar dan membenarkan kebenaran, dan melaksanakan kebenaran itu dalam perkataan dan perbuatan, lahir maupun batin. Beliau adalah khalifah pertama dari Khulafaur Rasyidin. Dari beliau turun kepada,
  • Sayyidina Salman Al-Farisi r.a. Beliau adalah murid utama Sayyidina Abu Bakar dan terkenal sebagai tokoh sufi dan tokoh Ilmu Alam, Ilmu Falak yang kenamaan. Dari beliau turun kepada,
  • Al Imam Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar As-Shiddiq r.a. Dari beliau turun kepada,
  • Al Imam Sayyidina Ja’far As-Shadiq r.a. Imam Ja’far adalah anak cucu Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar As-Shiddiq ra. Beliau terkenal sebagai ahli kesusasteraan dan ahli hukum dan karena keahliannya itu, serta kebenaran dan kesuciannya, menyebabkan dia sangat dihormati. Dari beliau turun kepada,
  • Al ‘Arif Billah Sultanul Arifin Asy-Syekh Thaifur bin Isa bin Adam bin Sarusyan, yang dimahsyurkan namanya dengan Asy-Syekh Abu Yazid Al-Busthami quddisa sirruhu (q.s) Gelar Sultanul Arifin berarti imam besar, orang yang mengetahui, imam tasawuf, pemimpin besar yang pertama dalam tarekat dari jalur Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq r.a. Dari beliau turun kepada,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Abul Hasan Ali bin Abu Ja’far Al-Kharqani q.s. Keistimewaannya dia sangat kasih kepada Allah dan Rasul-Nya, dan dari beliau turun kepada penghulu sekalian quthub, yakni kepada,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Abu Ali Al-Fadhal bin Muhammad Ath-Thusi Al-Farimadi q.s. Dari beliau turun kepada wali Allah,
  • Al ‘Arif billah Asy-Syekh Abu Yakub Yusuf AI-Hamadani bin Ayyub bin Yusuf bin AI-Husain q.s. Dari beliau turun kepada wali Allah, yaitu:
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Abdul Khaliq AI-Ghujdawani Ibnu Al-Imam Abdul Jamil q.s. Beliau itu nasabnya sampai kepada Al-Imam Malik bin Anas ra. Dari beliau turun kepada quthub penghulu sekalian wali Allah, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Ar-Riwakri q.s. Dari beliau turun kepada hamba Allah, kepala daripada sekalian guru-guru, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Mahmud Al-Anjir Faghnawi q.s. Beliau adalah aulia Allah yang mempunyai sifat dan perangai sempurna dalam menuntut ridla Allah dan sempurna abdinya kepada Allah Azza wajalla. Dari beliau turun kepada wali yang sangat kasih akan Tuhannya yang ghani, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy Syekh Ali Ar-Ramitani, yang dimasyhurkan namanya dengan Asy-Syekh Azizan q.s. Dari beliau turun kepada murid yang sangat tinggi ilmu tarikat dan makrifatnya. Dari beliau turun kepada penghulu sekalian wali Allah, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Baba As-Samasi q.s. Beliau senantiasa mujahadah dan musyahadah kepada Tuhan dan beliau adalah penghulu dari sekalian wali-wali Allah. Syekh Muhammad Baba As Samasi q.s hidup dalam satu zaman dengan Asy-Syekh Ali Ar-Ramitani dan dengan Syekh Abdul Qadir Jaelani q.s. Dari beliau turun kepada raja yang besar lagi sayyid, pemimpin sekalian guru-guru, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Sayyid Amir Kulal bin Sayyid Hamzah q.s. Syekh Sayyid Amir Kulal adalah raja di tanah Arab yang besar dan dia bergelar sayyid mempunyai keturunan bangsawan, dan beliau adalah guru hakikat dan makrifat. Dari beliau turun kepada wali Allah yang masyhur keramatnya dan makmur, ialah imam Tarikat Naqsyabandiyah yang terkenal namanya dengan Syah Naqsyabandy, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy Syekh As Sayyid Bahauddin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Asy Syarif Al Husaini Al Hasani Al Uwaisi Al Bukhari q.s. Beliau meletakkan dasar-dasar zikir qalbi yang sirri, zikir batin qalbi yang tidak berbunyi dan tidak bergerak, dan beliau meletakkan kemurnian ibadat semata-mata lillaahi ta’ala, tergambar dalam do’a beliau yang diajarkan kepada murid-muridnya “Ilahii anta makshuudii waridhaaka mathluubii”. Secara murni meneruskan ibadat Thariqatus Sirriyah zaman Rasulullah, Thariqatul Ubudiyah zaman Abu Bakar Siddiq dan Thariqatus Siddiqiyah zaman Salman al Farisi. Beliau amat masyhur dengan keramat-keramatnya dan makmur dengan kekayaannya, lagi terkenal sebagai wali akbar dan wali quthub yang afdhal, yang amat tinggi hakikat dan makrifatnya. Dari murid-muridnya dahulu sampai dengan sekarang, banyak melahirkan wali-wali besar di Timur maupun di Barat, sehingga ajarannya meluas ke seluruh pelosok dunia. Beliau pulalah yang mengatur pelaksanaan iktikaf atau suluk dari 40 (empat puluh) hari menjadi 10 (sepuluh) hari, yang dilaksanakan secara efisien dan efektif, dengan disiplin dan adab suluk yang teguh. Dan dari beliau turun kepada,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Al-Bukhari Al-Khawarizmi yang dimahsyurkan dengan namanya Asy-Syekh Alaudin AI-Aththar q.s. Dari beliau turun kepada waliullah, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Ya’qub Al-Charkhi q.s. Dari beliau turun kepada wali yang agung, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Nashiruddin Ubaidullah Al-Ahrar As-Samarqandi bin Mahmud bin Sihabuddin q.s. Dari beliau turun kepada raja yang saleh, ialah kepala sekalian guru-guru, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Az-Zahid q.s. Dari beliau turun kepada anak saudara perempuannya yang mempunyai kerajaan yang besar dan martabat yang tinggi, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Darwis Muhammad Samarqandi q.s. Dari beliau turun kepada anaknya ialah seorang raja yang besar, yang adil lagi pemurah, lagi lemah lembut perkataannya, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Al-Khawajaki Al-Amkanagi As Samarqandi q.s. Dari beliau turun kepada wali Allah yang quthub, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muayyiddin Muhammad Al-Baqi Billah q.s. Dari beliau turun kepada anak cucu Amirul Mukminin Sayyidina Umar Al Faruq r.a, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Ahmad Al-Faruqi As-Sirhindi q.s. yang mashur namanya, yang terkenal dengan Al Imam Ar-Rabbani Al-Mujaddid fi Alfi ats-tsani. Dari beliau turun kepada anaknya yang merupakan kepercayaannya, yang menaruh rahasianya, yang masyhur namanya, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Ma ’sum q.s. Dari beliau turun kepada anaknya, yaitu Sultanul Aulia,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Syaifuddin q.s. yang bercahaya dhohiriyah dan bathiniahnya. Dari beliau turun kepada Sayyid Syarif yang gilang gemilang cahayanya, sebab nyata zat dan sifat, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Asy-Syarif Nur Muhammad Al-Badwani q.s. Dari beliau turun kepada wali Allah yang tinggi pangkatnya, nyata keramatnya, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Syamsuddin Habibullah Jan-Janani Mudhir Al-‘Alawi q.s. Dari beliau turun kepada kepala sekalian guru-guru, kepala sekalian khalifah dan penghulu sekalian wali Allah, yaitu’
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Abdullah Ad-Dahlawi q.s. dan adalah Syekh Abdullah itu nasabnya sampai kepada Amirul Mukminin Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karamallahu wajhahu. Dari beliau turun kepada,
  • Al ‘Arif Billah Maulana Dzul Janahain Asy-Syekh Dhiyauddin Khalid Al-Utsmani Al-Baghdadi q.s. Beliau adalah anak cucu amirul mukminin Sayyidina Usman bin Affan r.a. Beliau adalah Syekh yang mahsyur, pembaharu, ahli Tarekat Naqsyabandiyah yang fana fillah, lagi baqa billah, yang pada masa suluk menjadi penghulu sekalian khalifah. Dari beliau turun kepada wali Allah yang zuhud akan dunia dan sangat kasih akan zat Allah ta’ala, ialah kepala sekalian guru-guru di dalam negeri Makkah al Musyarrafah, yaitu hamba Allah,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Isma’il Al-Barusi qs. Dari beliau turun kepada penghulu sekalian khalifah yang mempunyai keramat yang nyata, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Sirajul Millah Waddin Asy-Syekh Abdullah Al-Afandi q.s. Dari beliau turun kepada penghulu sekalian khalifah yang mempunyai keramat yang nyata, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Sulaiman Al-Qirmi q.s. Dari beliau turun kepada menantunya yang alim lagi Saleh, yang Senantiasa tafakkur dan muraqabah, baqa billah siang dan malam kepada Tuhan khaliqul ‘alam, dan dari beliau nyata kebesarannya serta kemuliaannya, dan adalah penghulu sekalian khalifah dan ikutan sekalian orang yang suluk, yaitu,
  • Mursyiduna, warabiituna, wa maulana, Al ‘Arif Billah Sayyidi Syekh Sulaiman Az-Zuhdi q.s. Dari beliau turun kepada muridnya yang alim lagi Saleh, yang senantiasa tafakkur dan muraqabah, baqa billah siang dan malam dan ikutan Sekalian orang yang Suluk, yaitu,
  • Mursyiduna, wa rabiituna, wa maulana, Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Hadi qs, Mranggen, Demak. dari beliau diteruskan kepada muridnya yang utama, yaitu,
  • Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Abdul Karim qs. Temanggung, Jawa Tengah. Dari beliau talang emas ini dilanjutkan kepada, putra rohaninya yang mulia,
  • Hadzatrus Syekh Muhammad Nahrowi, qs. Beliau begitu dhohir karomahnya dan tinggi ma’rifatnya. Ulama simpenan yang memancarkan Cahaya Al-Haq bahkan hanya dengan bergeming. Allahummanfa’na bi ‘ulumihi warzuqna bibarokatihi, Amiiin.. dari beliau diembankan kepada putra kepercayaan dan kedayangannya, Al-Arif, Al-Baqi Billah, yaitu,
  • Mursyiduna, wa rabiituna, wa maulana, Al ’Arif Billah Hadzrat Asy-Syekh Muhammad Irfa’i Nahrowi q.s. beliau begitu lembut bimbingannya, begitu jelas tuntunannya. Setiap kata-katanya adalah cahaya yang menyinari qalbu para pencari. Beliau adalah kiblat tawajjuh dari ribuan hati yang merindu pada Rabb-nya. Beliau menetap di PP. Kasepuhan Qoshrul Arifin, Atas Angin, Darmacaang, Kec. Cikoneng, Kab. Ciamis, Jawa-Barat.

3 Komentar

  1. Assalamualaikum Warahmatullah, maaf mau menanyakan, Imam Ja’far Ash Shadiq itu meninggal tahun 148H atau 765M, sedangkan Abu Yazid Lahir ditahun 188H/804M, kira2 ini pertemuannya ditahun brapa? dan ataukah ada Kholifah lain antara Imam Ja’far Ash Shadiq sampai ke Abu Yazid ? mohon penjelasannya. Maturnuwun.

    • Salam…

      Keduanya bertemu secara Barzakhi atau Uwaisy.. itulah salah satu ciri khas Naqsyabandiyah bahwa antar Mursyid mendapatkan dan mewariskan ilmunya melalui perjuampaan di alam barzakh. Sebagaimana Uwaiys al-Qorny menjumpai dan bersuhbah pada Rasulullah SAW secara demikian. Mahsyur bahwa beliau tidak sempat berjumpa fisik dengan Rosulullah SAW, akan tetapi menduduki maqom yang tinggi sampai-sampai Sahabat Umar dan Ali diminta oleh Rasulullah untuk meminta doanya.

      Demikian, Semoga bermanfaat..

      Salam..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*